"Don't try to be clever, because you'll become stupid." - Jose Mourinho -

Jumat, 08 November 2013

#PTI : ARTIKEL TENTANG KOMUNITAS ONLINE

22.12 Posted by Bagus Prasetyo , , 1 comment
Mengutip dari poin terakhir dari dampak positif Internet, adalah Sebagai Fungsi komunitas. Internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world(dunia maya).

Mari kita lihat apa arti komunitas itu sendiri dan tentunya apa itu komunitas online. Komunitas adalah suatu kelompok yang menunjukkan adanya kesamaan kriteria social sebagai ciri khas keanggotaan seperti kesamaan tempat / daerah, kesamaan profesi, kesamaan hobby, dsb. Sedangkan Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya.

Komunitas dibagi dua menurut latar belakang berdirinya yaitu like interest dancommon interest. Like Interest adalah komunitas atau grup yang terbentuk berdasarkan persamaan kesukaan akan suatu hal yang sifatnya insidentil, temporer atau sepintas saja. Sedangkan Common interest adalah komunitas atau kelompok yang terbentuk karena persamaan tujuan dari para anggotanya, hubungan sesama anggota lebih intens dan serius sehingga terbangun sistem. Komunitas ini memiliki aturan main yang jelas, terdapat struktur pengurus yang jelas, ada tujuan yang hendak dicapai dan pertemuan yang berkelanjutan dan banyak lagi hal lainnya. Anggota komunitas ini lebih didominasi mereka yang berusia dewasa.

Dalam berkomunitas di dunia online, tentunya kita harus pula memetik manfaatnya. Berkomunitas di dunia maya memang sangat mudah, tanpa harus menyesuaikan jadwal padat yang tentunya berbeda-beda setiap orang. Kita bisa melakukannya setiap waktu luang kita, tanpa terhalang waktu dan jarak. Bahkan terhubung dengan teman sekomunitas di lain negara. Selain itu, dalam komunitas-komunitas khususnya common interest, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran, juga memacu kreativitas dan produktivitas. Berkomunitas juga bisa menambah link atau jaringan yang sangat bermanfaat bagi kita dalam banyak hal. Walau bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun berkomunitas online juga sering menghadapi kendala. Kendala yang sering muncul disebabkan lebih kepada stabilnya jaringan internet atau sinyal sebagai media penghubung komunikasi. Kadang hal ini menyebabkan salah satu atau sebagian menjadi ketinggalan informasi.

Selain manfaat yang diperoleh dalam berkomunitas online, tentunya ada pula dampak negatifnya. Kecanduan bermedia sosial bahkan sampai melupakan waktu, keluarga dan kehidupan nyata memang mengancam. Namun semua itu kembali pada pribadi masing-masing. Berkomunitas secara efisien dan positif dalam bertindak laku akan menjadikan nyaman. Kontrol diri dan berpegang pada prioritas hidup menjadi tameng untuk mengantisipasi dampak negatif tersebut.

Adapun tujuan penelitian pada web http://www.adityarizki.net untuk mengetahui tingkat kedekatan atau kesolidan psikologis antar anggotanya di komunitas online jika dibandingkan dengan komunitas dunia nyata yang sejenis. Penelitian ini dilakukan kurang lebih satu minggu dengan mengambil 50 responden secara acak. Metode penelitian yaitu mengisi survey online yang tersusun atas beberapa pertanyaan yang didalamnya terdapat beberapa pilihan jawaban (multiple choice single answer).

Hasilnya; dapat disimpulkan beberapa hal atau poin penting mengenai pengaruh komunitas nyata dengan komunitas online (untuk komunitas yang sama) dilihat dari tingkat kesolidan antar anggotanya pada kedua bentuk komunitas tersebut, yaitu sbb:
[1] Sebagian besar anggota sebuah komunitas nyata memanfaatkan komunitas online sebagai media berbagi yang nyaman dan leluasa
[2] Tidak semua komunitas nyata mempunyai komunitas online, tetapi akan lebih baik jika keduanya saling melengkapi dan dimanfaatkan
[3] Dengan adanya sebuah komunitas online, maka anggotanya akan memperoleh manfaat yang lebih besar jika dibanding suatu komunitas nyata tanpa komunitas online
[4] Keunggulan dengan adanya keberadaan komunitas online melahirkan cara komunikasi yang tidak terikat oleh jarak dan waktu, sehingga dimungkinkan untuk mempererat solidaritas antar anggota (karena sering berkomunikasi)
[5] Interaksi sosial dalam hal tatap muka secara langsung antar anggota sangat diperlukan untuk membangun komunitas yang solid, karena dengan menjalankan komunitas nyata dan online secara bersamaan dengan sendirinya akan menaikkan popularitas sebuah komunitas
[6] Masalah yang sering dihadapi dalam pemanfaatan komunikasi online justru bukan karena kurangnya interaksi tatap muka antar anggota, tetapi lebih kepada cara penggunaan dan kebiasaan dalam memanfaatkan komunitas online

Saat ini sudah banyak komunitas-komunitas di negeri ini yang secara nyata memberikan peran penting dalam membangun sebuah perubahan sosial di masyarakat kita. Bentuknya juga sangat beragam. Kita bisa melihat misalnya apa yang sudah dilakukan oleh banyak komunitas di berbagai daerah dan melihat nyata peran mereka dalam membuat perubahan sosial di sekitar kita. Misalnya adalah komunitas Bloger yang baru-baru ini merayakan pesta bloger di berbagai daerah di Indonesia. Peran komunitas bloger di Indonesia sangat besar dalam membuat sebuah perubahan sosial disekitar kita. Perubahan sosial yang bisa kita lihat dengan adanya komunitas bloger misalnya adalah budaya menulis yang dilakukan oleh banyak masyarakat disekitar kita.

Berawal dari hanya aktivitas menulis, komunitas bloger kemudian membuat banyak perubahan sosial disekitar kita. Melalui tulisan bloger, banyak muncul ide-ide kreatif dan inspirasi untuk pembacanya. Misalnya seorang pelajar yang ingin belajar bahasa Inggris secara online dan gratis, mereka bisa belajar melalui blog yang berisi tentang privat bahsa inggris secara online. Jika seorang ingin bisa mendapatkan banyak penghasilan Dollar dari internet (Blog), dia bisa belajar melalui blog yang berisi tentang ini. Jika anda adalah seorang anak-anak putus sekolah tapi ingin tetap bisa belajar tentang komputer dan internet gratis, maka anda tinggal berkunjung ke blog yang membahas terkait komputer dan internet yang jumlahnya teramat sangat banyak.

Dengan adanya komunitas bloger, ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan dengan sangat mudah dan murah. Hal ini karena sekarang, hampir setiap bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sudah ada bloger yang membahasnya di blog mereka masing-masing berdasarkan keahlian masing-masing bloger. Dengan adanya komunitas bloger, masyarakat bisa semakin mudah dan murah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sangat cepat dan mudah, dan Gratis.


Saya sendiri merasakan benar dampak dari komunitas online. Saya besar di komunitas online, sebut saja Chelsea Indonesia Supporters Club, yang berisi para penggemar sebuah klub sepakbola asal Inggris, Chelsea F.C. Semua berawal dari forum online, dari situ kita semua bertemu dalam acara nonton bareng saat Chelsea bermain. Awalnya hanya sedikit, hanya komunitas biasa, tetapi sekarang berkembang bisa dibilang sebagai organisasi. Saya bergabung dengan forum di 2009, daftar member di 2011, dan sekarang menjadi Ketua / Koordinator Chelsea Indonesia Supporters Club Kota Bogor.

Sumber :
http://www.makeitfossible.web.id/2010/11/23/peran-dan-fungsi-komunitas-dalam-membangun-perubahan-sosial/ 

1 komentar: